Monday 6 January 2014

Perlengkapan Mengecek Naskah

Halo!
*lirik kanan kiri*

Pada ngapain, nih? Aku mau posting lagi, ah, kali ini mengenai perlengkapanku kalau lagi ngecek naskah, baik itu editing maupun proofreading. Namun dalam hal ini lebih spesifik untuk merapikan naskah ya, ngecek kata-kata yang masih nggak baku penulisannya, atau format penulisan belum sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Nah, aku tahunya nggak baku dari mana? Makanya aku perlu perlengkapan-perlengkapan berikut ini:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ini mutlak, ya. Dari sini kita bisa ngecek satu kata apakah benar penulisannya seperti itu, dan artinya apa, sehingga penggunaannya jangan sampai salah dalam konteks suatu kalimat. Adapun KBBI yang selama ini saya pakai yaitu berupa aplikasi offline seperti ini:

Aplikasi KBBI Offline 3 yang saya miliki
Nah, aplikasi tersebut adalah untuk KBBI yang edisi ketiga, tapi sebenarnya yang paling update adalah yang edisi keempat. Ada bedanya, tentu saja, ada beberapa kata yang ejaannya diperbarui di KBBI 4. Misalnya: memerhatikan -> memperhatikan, selebritis -> selebritas; dan kata-kata lain yang sudah diperbarui ejaannya. Aku tahunya ejaannya udah berubah biasanya ya karena aku sering beredar di dunia maya, haha! Biasanya di Twitter sering ada yang berbagi tentang perubahan ejaan-ejaan ini, lalu aku cek deh di Internet. Hm, pernah kepikir untuk beli KBBI 4 biar aku bisa bener-bener update, tapi saat lihat harganya Rp 375.000,00 udah gitu tebelnya pakai bangeet! Haha, akhirnya nggak beli dulu. Tapi oh, tapii.. ketika suatu hari teman BBI yaitu Chei lagi belanja di obralan Gramedia dan tahu ada KBBI 4 diobral CUMA Rp 50.000,00!!! (nggak santai gitu), langsung deh saya nitip satu. Dan, taraaa... ini dia perlengkapan terbaru saya:



Maafkan kalau merepotkan sedikit mesti memiringkan kepala, padahal udah dirotasi lho fotonya, huhu! Eh tapi meski sudah punya KBBI terbaru dan ter-update, tetap saja saya suka pakai aplikasi KBBI 3, lebih praktis, bo'! Lol!! Tapi ya kalau saya mulai ragu dengan kata tertentu, saya pasti ngecek KBBI 4, karena sebenarnya setahu saya nggak banyak banget yang berubah, kok.

2. Wikisource tentang pedoman umum EYD
Di sini nih link-nya: 
Penampakannya seperti ini:


Nah dari situ saya bisa tahu penggunaan tanda baca yang tepat, penulisan bilangan, dan lain-lain. :)

3. Google. 

Hehe, iya bener. Misalnya saat lagi proofreading, saya perlu tahu arti kata khusus dari bahasa asing, atau mau kasih saran tambahin footnote, biasanya saya juga coba browsing ya dari google, baru diarahkan ke link-link yang dapat menampilkan informasi tersebut. 

Hm, kayaknya sementara itu aja, sih, perlengkapanku untuk mengecek naskah. Kalau kebetulan ada teman-teman yang biasa ngecek naskah dan mau kasih masukan juga, monggo... karena saya pun masih belajar nih, belum setahun juga. :D











2 comments:

  1. naaah, thank you kak link KBBI onlinenya, kan aku jadi bs ngecek2 :pp hehehe

    waaaw, ternyata buku itu cuma lima puluh ribu *ngangguk-ngangguk serius* mau bangeeetttttt kalo ada lagi wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Aplikasi offlinenya dapat diunduh dimana?
    Kalau link ini: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/
    masih versi 3 ya?

    Temannya baek banget mau bawain itu kamus. Kalau aku udah ogah. Hihi...

    ReplyDelete