Saturday 7 June 2014

Works' Update!!!

pic from here

Artikel ini memuat apa yang sedang saya kerjakan sekarang, sebagai pengingat diri sendiri juga, dan akan selalu diperbarui sesuai perkembangan pekerjaan-pekerjaan tersebut. :D

Daftar kerjaan per tanggal 27 Desember 2013:
  • Proofread akhir naskah novel terjemahan. (must finished by today!)
  • Proofread kedua naskah  novel terjemahan (dikerjakan kalau yang di atas udah selesai!)
  • Lanjut edit kedua naskah novel lokal, dikerjakan setelah kedua kerjaan di atas selesai, and will need more times to cut some parts in the draft. ^^
Semangaaatt!!!

Update kerjaan per 31 Desember 2013:
Tutup tahun, nih, mulai kemarin (tgl 30) lanjut ngedit naskah yang sempat kepending. I may called it a hardcore editing, haha. Habisnya, aku diberi kebebasan untuk memangkas bagian-bagian di naskah ini, karena di awal baca aku bilang too much description. Update-nya, sekarang masuk halaman 93 dari total 217 halaman (ukuran A4 lho ya, belum di-layout, hoho!). Wish me luck, guys

Sementara dua kerjaan proofreading sudah saya serahkan ke penerbit, satunya sih statusnya sudah proofreading akhir tapi saya masih nemu beberapa revisi, entah deh apakah akan diminta baca lagi ataukah sudah cukup. Satunya lagi sudah proofread kedua, dan menurut saya masih perlu proofread ketiga, jadi saya tunggu kelanjutannya juga dari penerbit. ^^
Happy last day in 2013, everyone!! *smooch*

UPDATE 01 FEBRUARI 2014

Wohooo! Sudah tahun baru dan sudah bulan kedua di 2014, hihi. Maaf baru update lagi. Sekarang saya sedang mengedit naskah novel dari Grasindo. Istimewanya, ini adalah salah satu naskah favorit dari kompetisi menulis Publisher Search for Authors di tahun 2013. Cool, saya merasa beruntung dikasih kepercayaan mengedit naskah pemenang lomba. Sekarang sudah tinggal 62 halaman lagi, dan sejauh ini ceritanya memang kece. Ganbatte!!

Update 15 Februari 2014

Whooosaaahh!! Lagi menyantaikan diri setelah semingguan berkutat dengan dua naskah dari dua penerbit yang sama-sama minta cepat! Hihihi, so here goes the update:
  1. Baru menyelesaikan proofreading naskah novel lokal, dan tinggal tunggu rilis aja
  2. Dua hari lalu baru menyelesaikan proofreading kedua untuk naskah terjemahan, dan berhubung menurut saya masih perlu sekali lagi dibaca terakhir kali... jadi masih tunggu respons balik dari penerbit setelah file terakhir dibenerin.
  3. Tadi siang baru juga memeriksa akhir satu naskah lokal nonfiksi, dan hanya tinggal nunggu pengumuman rilis bukunya. ^^
  4. Lalu masih ada PR lainnya seperti: lanjut ngedit naskah lokal fiksi yang sudah lumayan lama ditinggalkan demi menyelesaikan naskah lain yang lebih urgen, mau mulai baca naskah baru yaitu novel lokal, dan masih menunggu satu naskah terjemahan yang minggu lalu sudah selesai proofread pertama dan masih menunggu koreksi dari editor.
DAN... setelah mempertimbangkan beberapa pekerjaan yang masih berlangsung tersebut (tentunya juga setelah menghitung pemasukan uang di depan mata, hehe) maka memutuskan di bulan Februari ini berhenti menerima kerjaan baru dan fokus kerjakan yang di atas; baru terima kerjaan baru lagi di bulan Maret 2014. Memang belum ada tawaran baru juga, sih, tapi ini sebagai pengingat pribadi saya. Ceritanya tutup toko dua minggu nih... biar kerjaan yang masih ada bisa lebih maksimal. Doakan saya yaa! ^^

Update 01 Maret 2014
Wih, sudah masuk bulan ketiga aja nih! Mau rekap dulu ah kerjaan yang sudah terselesaikan di bulan Februari:

Proofread: Dua naskah: Wishing Her to Die, segera terbit bulan ini; dan satu naskah Jepang terjemahan yang masih belum bisa disebut judulnya. ^^v

Proofread + twit promo: Satu naskah: My Journey Begins, sekaligus bikin 12 twit untuk promosi di nulisbuku.com.

Editing + proofread: Satu naskah: 7 Divisi, pemenang PSA 2 yang dijadwalkan terbit awal Maret 2014.

Editing on progress: Dua naskah: satu naskah lokal dengan genre fiksi perjalanan sudah masuk editing kedua dan sekarang masih diperiksa lagi sama penulisnya; dan satu naskah lokal bergenre remaja, roman baru editing 1 selesai kemarin dan masih  dibaca sama penulisnya. 

Okay, berarti PR di bulan Maret ini:

  1. Sedang jalan editan kedua naskah Metropop, minggu lalu dikasih dan kemarin baru sempat kubaca, sekarang masih jalan halaman 70-an dari total 160-an halaman A4.
  2. Menyelesaikan naskah lokal fiksi perjalanan, tentunya setelah editan kedua dikembalikan sama penulisnya.
  3. Lanjut editan kedua naskah lokal remaja, setelah dikembalikan penulisnya, targetku akhir bulan ini selesai semua karena pihak Penerbit penginnya April sudah terbit.

Hm, sudah nih cuma jalan tiga naskah, berarti buka toko lagi nih... siap-siap buka toko lagi alias cari orderan kerjaan baruu. Semangat! ^_^ 

Update 07 Juni 2014
Haai! It's been a looong while since I gave my last update about my work! Hehehe. Wah, sudah masuk pertengahan tahun nih. Dan aku bersyukur Tuhan masih memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk bekerja di bidang pengecekan naskah buku. Nah hari ini aku kangen ngasih update kerjaanku nih.... Akan ada dua update, yang pertama update naskah yang sudah selesai aku kerjakan dan sedang menunggu rilis dari penerbit, dan yang kedua update naskah yang sedang aku kerjaan. Here we go!

~ Naskah-naskah yang menunggu waktu rilis:

  1. Novel lokal teenlit dengan genre persahabatan dan misteri.[editing]
  2. Novel lokal dewasa muda dengan genre perjalanan dan romance. [editing]
  3. Novel lokal bergenre Metropop! [editing]
  4. Novel lokal teenlit dengan genre sekolah, persahabatan dan romance. [editing]
  5. Novel Mandarin terjemahan dengan genre romance. [proofreading]
  6. Novel Jepang terjemahan dengan genre fantasi, misteri dan komedi. [proofreading]
~ Naskah-naskah yang masih dalam proses pengerjaan:
  1. Novel lokal bergenre romance, fiksi-ilmiah. [sedang masuk editing kedua]
  2. Novel Jepang terjemahan bergenre medis, romance. [baru proofreading pertama]
  3. Novel Korea terjemahan bergenre romance [sudah proofreading kedua]
  4. Novel Korea terjemahan bergenre fantasi, romance [baru proofreading pertama]
  5. Novel lokal bergenre keluarga, romance [yang ini baru terima naskahnya kemarin baru akan mulai editing pertama]
Nah itu dia yang bikin aku semangat, baik untuk menantikan terbitnya naskah-naskah yang kuperiksa, juga untuk menyelesaikan naskah yang sedang dalam proses. ^^ Oh dan lagi, ada beberapa hal menarik baik mengenai naskah dan juga penulis yang bekerjasama denganku. Misalkan saja, aku memeriksa naskah yang ceritanya seru, tema yang belum pernah kubaca sebelumnya dan aku sangat menikmati alurnya meski harus tetap teliti mengoreksi. :D 

Juga, saat mengedit aku bekerja sama dengan penulis yang pernah kubaca novelnya sekali, ada juga penulis yang pernah menerbitkan banyak buku di penerbit yang sama tempat dua bukuku diterbitkan *ups! hihihi*. Daaan, naskah terbaru yang kuterima adalah dari penulis yang aku sudah baca tiga novelnya, pernah ketemu dan ngobrol langsung di sebuah acara ketemu penulis, PLUS aku pernah bikinin artikel buat dia di blogku! Hihihi, berhubung aku belum mulai ngedit jadi dia belum tahu sih kalau aku yang memeriksa naskahnya. Semoga sih masih ingat, karena terakhir ketemu saat di KGF dia juga masih mengingatku saat aku menyapa. *uuups! hehehe* Bukan berarti penulis-penulis yang sebelumnya tidak menarik, tapi aku antusias aja memeriksa naskah dari penulis yang karyanya sudah kuakrabi. :D

So, itulah update terkini dari pekerjaanku. I got to move more and mooree enthusiastic ! 
^ ^ 

No comments:

Post a Comment